Standar Kompetensi Bahasa Mandarin |
Mata Pelajaran Bahasa Mandarin untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) Program Bahasa
A. Latar belakang
Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu bahasa asing selain bahasa Inggris menjadi penting. Dengan demikian semakin jelas bahwa penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa Mandarin, merupakan hal yang sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di bidang teknik, ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku berbahasa Mandarin. Selain itu bahasa Mandarin merupakan sarana komunikasi dalam pengembangan dunia pariwisata dan bisnis.
Melalui pembelajaran bahasa Mandarin dapat dikembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran, dan perasaan. Dengan demikian mata pelajaran bahasa Mandarin diperlukan untuk pengembangan diri peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka standar kompetensi dan kompetensi dasar ini dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi awal (dasar) berbahasa Mandarin, yang mencakup empat aspek keterampilan bahasa yang saling terkait, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Alokasi waktu yang disediakan adalah 4 jam per minggu.
Dalam kelas bahasa Mandarin peserta didik dimotivasi untuk secara aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam mendalami sejumlah bahan bacaan, baik berupa media cetak maupun media elektronik. Dengan bekal sejumlah pengetahuan tersebut, mereka dapat mempelajari budaya lain dan lebih mengenal budayanya sendiri, sehingga mereka dapat mempelajari suatu konsep dan berpikir secara kritis.
B. Tujuan
Pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia bertujuan agar para peserta didik memiliki kemampuan dasar dalam keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis untuk berkomunikasi secara sederhana.
C. Ruang Lingkup
Mata Pelajaran Bahasa Mandarin terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, menulis dan mengenal huruf Hanyu Pinyin dan Hanzi sederhana.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan
| 1.1 Mengidentifikasi bunyi Hanyu Pinyin (ejaan Bahasa Han modern) dan atau ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks, dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat 1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat |
Berbicara
| 2.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dalam kalimat sederhana sesuai konteks dengan lafal Hanyu Pinyin yang tepat, yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat 2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan benar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi yang santun dan tepat |
Membaca
| 3.1 Membaca nyaring ujaran (kata, frasa atau kalimat) baik yang bertuliskan Hanyu Pinyin maupun Hanzi (aksara Han), dalam wacana tertulis sederhana secara tepat 3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat 3.3 Memperoleh berbagai informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana sederhana secara tepat |
Menulis4. Menguasai kosakata dari 50 Hanzi (aksara Han) | 4.1 Menulis Hanyu Pinyin secara tepat. 4.2 Menulis Hanzi sesuai ketentuan bihua dan bishun |
5. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri dan Kehidupan Sekolah | 5.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat 5.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan Hanzi, kata/ frasa dengan struktur yang tepat |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan
| 6.1 Mengidentifikasi bunyi Hanyu Pinyin dan atau ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks, dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat 6.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat |
Berbicara
| 7.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dalam kalimat sederhana sesuai konteks dengan lafal Hanyu Pinyin yang tepat, yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan benar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi yang santun dan tepat |
Membaca
| 8.1 Membaca nyaring ujaran (kata, frasa atau kalimat) baik yang bertuliskan Hanyu Pinyin maupun Hanzi (aksara Han), dalam wacana tertulis sederhana secara tepat 8.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat 8.3 Memperoleh berbagai informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana sederhana secara tepat |
Menulis
| 9.1 Menulis Hanyu Pinyin secara tepat 9.2 Menulis Hanzi sesuai ketentuan bihua dan bishun |
| 10.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat 10.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan Hanzi, kata/ frasa dengan struktur yang tepat |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi dan Wisata | Mengidentifikasi bunyi Hanyu Pinyin dan atau ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks, dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat |
Berbicara 2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi dan Wisata | Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dalam kalimat sederhana sesuai konteks dengan lafal Hanyu Pinyin yang tepat, yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan benar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi yang santun dan tepat |
Membaca 3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kegemaran/Hobi dan Wisata | Membaca nyaring ujaran (kata, frasa atau kalimat) baik yang bertuliskan Hanyu Pinyin maupun Hanzi (aksara Han), dalam wacana tertulis sederhana secara tepat Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat memperoleh berbagai informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana sederhana secara tepat |
Menulis4. Menguasai kosakata dari 120 Hanzi (aksara Han) | 4.1 Menulis Hanyu Pinyin secara tepat 4.2 Menulis Hanzi sesuai ketentuan bihua dan bishun |
5.Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kegemaran/Hobi dan Wisata | 5.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat 5.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan Hanzi, kata/ frasa dengan struktur yang tepat 5.3 Mengungkapkan pendapat, perasaan secara tertulis dengan lancar dan benar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi yang santun dan tepat |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan6. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Layanan Umum dan Pekerjaan | 6.1 Mengidentifikasi bunyi Hanyu Pinyin dan atau ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks, dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat 6.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat |
Berbicara 7 Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Layanan Umum dan Pekerjaan | 7.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dalam kalimat sederhana sesuai konteks dengan lafal Hanyu Pinyin yang tepat, yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat 7.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan benar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi yang santun dan tepat |
Membaca 8 Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Layanan Umum dan Pekerjaan | 8.1 Membaca nyaring ujaran (kata, frasa atau kalimat) baik yang bertuliskan Hanyu Pinyin maupun Hanzi (aksara Han), dalam wacana tertulis sederhana secara tepat 8.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat 8.3 Memperoleh berbagai informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana sederhana secara tepat |
Menulis9. Menguasai kosakata dari 150 Hanzi (aksara Han) | 9.1 Menulis Hanyu Pinyin secara tepat 9.2 Menulis Hanzi sesuai ketentuan bihua dan bishun |
10. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Layanan Umum dan Pekerjaan | Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan Hanzi, kata/ frasa dengan struktur yang tepat Mengungkapkan pendapat, perasaan secara tertulis dengan lancar dan benar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi yang santun dan tepat |
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Terima kasih buanget..., atas termuatnya " SK dan KD bahasa Mandarin " kls XI dan XII, sayangnya untuk kelas X nya tidak ada.
BalasHapus