KISI-KISI
ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
BentukPenilaian : Tertulis
Kelas/Program : X/ MIA/IIS/IIK
JumlahSoal : 50 Butir
Nama
Guru :
BentukSoal : PilihanGanda
No
|
KompetensiDasar
|
Materi
|
Indikator/Soal
|
NomorSoal
|
BobotSoal
|
Ranah
|
Tingkat
Kesukaran
|
3.1 Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
4.1 Menginterpretasiisitekslaporanhasilobservasiberdasarkaninterpretasibaiksecaralisanmaupuntulis.
3.2 Menganalisisisidanaspekkebahasaandari
minimal duatekslaporanhasilobservasi
4.2 Mengonstruksitekslaporanhasilobservasidenganmemerhatikanisidanaspekkebahasaan.
3.3 Menganalisisstruktur, isi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, danrekomendasi),
kebahasaantekseksposisi yang didengardanataudibaca
4.3 Mengembangkanisi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, danrekomendasi) tekseksposisisecaralisandan / tulis.
3.4 Menganalisisstrukturdankebahasaantekseksposisi.
4.4 Mengonstruksikantekseksposisidenganmemerhatikanisi
(permasalahan, argumen, pengetahuan, danrekomendasi), strukturdankebahasaan.
3.5 Mengevaluasiteksanekdotdariaspekmaknatersirat.
4.5 Mengonstruksimaknatersiratdalamsebuahteksanekdot.
3.6 Menganalisisstrukturdankebahasaanteksanekdot.
4.6
Menciptakankembaliteksanekdotdenganmemerhatikanstruktur, dankebahasaan.
3.7
Mengidentifikasinilai-nilaidanisi
yang terkandungdalamceritarakyat (hikayat) baiklisanmaupuntulis.
4.7
Menceritakankembaliisiceritarakyat
(hikayat) yang didengardandibaca.
3.8 Membandingkannilai-nilaidankebahasaanceritarakyatdancerpen.
4.8 Mengembangkanceritarakyat (hikayat)
kedalambentukcerpendenganmemerhatikanisidannilai-nilai
|
Isi
pokok laporan hasil observasi:
·
pernyataan umum;
·
hal yang dilaporkan;
·
deskripsi bagian;
·
deskripsi manfaat; dan
maksud isi
teks (tersirat dan tersurat).
Isi
pokok teks laporan hasil observasi:
· pernyataan
umum;
· deskripsi
bagian;
· deskripsi
manfaat; dan
· kebahasaan
(kalimat definisi, kata sifat).
Isi teks eksposisi:
· pernyataan
tesis;
· argumen;
· pernyataan
ulang; dan
· kebahasaan.
Komentar terhadap:
Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan
tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis
Struktur
teks eksposisi:
· pernyataan
tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
· argumen
(data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
· pernyataan
ulang.*
Kebahasaan:
· kalimat
nominal dan
· kalimat
verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola
penalaran:
· deduksi dan
· induksi
Isi
teks anekdot:
· peristiwa/sosok
yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur
anekdot:
·
peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
·
Isi anekdot
·
Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan
kepentingan publik.
·
Sindiran.
·
Unsur humor.
·
Kata dan Frasa idiomatis
·
Karakeristik hikayat.
·
Isi hikayat.
·
Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial,
agama, budaya, dan penddikan).
·
Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
·
Gaya bahasa.
·
Kata arkais (kuno).
|
3.1.1
Siswadapatmenentukan isi pokok, hal-hal yang
dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
3.1.2
Siswadapatmenentukaninformasi/fakta-fakta yang
pentingpadatabel/grafikdalamkaitannyadenganstrukturdankaidahlaporan
4.1.1
Siswadapatmenafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan
struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi.
4.1.2
Siswadapatmenujukkanfakta-faktapentingpadatekslaporanhasilobservasi
4.1.3
Siswadapatmempresentasikan dan menanggapi teks laporan
hasil observasi
3.2.1
Siswadapatmengidentifikasi isi,struktur, dan ciri
kebahasaan.
3.2.2
Siswadapatmenganalisisisi, ciri kebahasaandalam teks laporan
hasil observasi.
3.2.3
Siswadapatmempresentasikanpendapatsecaralengkapdanjelas
3.2.4
Siswadapatmemperbaikipenulisan kata yang
salahdalamtekslaporanhasilobsevasi
4.2.1
Siswadapatmenyusun kembali teks laporan hasil
observasi yang dibaca dengan memerhatikanisi, struktur, danciri kebahasaan.
4.2.2
Siswamempresentasikan, menanggapi,dan
merevisiteks laporan hasil observasi yang telah disusun.
3.3.1
Siswadapatmenggalistruktur, isi,(permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan dalam teks
eksposisi yang didengar danatau dibaca.
3.3.2
Siswadapatmenujukkan ide-ide pokokparagraf
4.3.1
Siswadapatmenyusun teks eksposisi dengan memerhatikan
struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan
kebahasaan.
4.3.2
Siswadapatmenujukkancontohtekseksposisidengantepat
4.3.3
SiswaMempresentasikan,me-ngomentari, dan
merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
3.4.1
SiswadapatMenggali strukturdan aspek kebahasaan
dalamteks eksposisi yang dibaca.
3.4.2
Siswadapatmenganalisisstrukturdankaidahtekseksposisi
3.4.3
Siswadapatmenuliskanpenilaianterhadapkelebihanataukelemahanterhadaptekseksposisi
4.4.1
SiswadapatMenyusun kembali teks eksposisi dengan
memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi),
struktur, dan kebahasaan.
4.4.2
SiswadapatMempresentasikan, menanggapi,dan
merevisi teks eksposisi yang telah
disusun.
3.5.1
SiswadapatMenilai isi dan aspek makna tersirat dalam
teks anekdot
3.5.2
Siswadapatmenganalisisanekdotdenganbaik
3.5.3
Siswadapatmengevaluasianekdotdenganbaik
3.5.4
Siswadapatmenyebutkankembaliaspek-aspekpenilaianteksanekdot
4.5.1
SiswadapatMenyusun kembali teks anekdot dengan
memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
4.5.2
SiswadapatMempresentasikan, mengomentari,dan merevisi
teks anekdot yang telah disusun.
3.6.1
SiswadapatMengidentifikasi struktur(bagian-bagian
teks) anekdot dan kebahasaan .
3.6.2
Siswamenganalisisstrukturdankaidahanekdot
4.6.1
Siswadapatmenyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur dan
kebahasaan.
4.6.2
SiswadapatMempresentasikan, menanggapi,dan merevisi
teks anekdot yang telah disusun.
3.7.1
Siswadapat mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan
nilai-nilai dalam hikayat.
3.7.2
Siswadapatmenyebutkanisikutipanhikayat
4.7.1
Siswadapat menyusunteks eksposisi berdasarkan
pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat.
4.7.2
Siswadapat mempresentasikan, menanggapi,dan
merevisi,teks hikayatyang
telah disusun
3.8.1
Siswadapat menjelaskan persamaan dan perbedaan isi
dannilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
3.8.2
Siswadapatmembandingkanalurdalamhikayatdancerpen
3.8.3
Siswadapatmembandingkansudutpandangdalamhikayatdancerpen
3.8.4
Siswadapatmembandingkangayabahasadalamhikayatdancerpen
3.8.5
Siswadapatmembandingkanamanatdalamhikayatdancerpen
3.8.6
Siswadapatmembandingkanunsurekstrinsikdalamhikayatdancerpen
3.8.7
Siswadapatmengidentifikasinilai-nilai da nisi hikayat
3.8.8
Siswadapatmembandingkanpenggunaanbahasadalamcerpendanhikayat
4.8.1
Siswadapatmenentukantemahikayat
4.8.2
Siswadapat menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam
bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.3
Siswa mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks cerpen yang disusun.
4.8.4
Siswadapatmenyuntingisidalamtekshikayat yang
sudahdibuatdalambentukcerpen
4.8.5
Siswadapatmemperbaikihasilsuntingan
4.8.6
Siswadapatmengembangkanmakna( isi) dannilaihikayat
4.8.7
Siswadapatmenggunakanmajasdalammengembangkanhikayatkedalambentukcerpen
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
|
C3
C3
C4
C1
C2
C1
C4
C2
C4
C4
C2
C3
C1
C3
C1
C2
C2
C4
C3
C3
C2
C4
C4
C4
C1
C3
C2
C1
C4
C3
C2
C1
C1
C3
C2
C4
C4
C4
C4
C4
C4
C1
C4
C3
C3
C3
C4
C4
C1
C3
|
Sedang
Sedang
Sukar
Mudah
Mudah
Mudah
Sukar
Mudah
Sukar
Sukar
Mudah
Sedang
Mudah
Sedang
Mudah
Mudah
Mudah
Sukar
Sedang
Sedang
Mudah
Sukar
Sukar
Sukar
Mudah
Sedang
Mudah
Mudah
Sukar
Sedang
Mudah
Mudah
Mudah
Sedang
Mudah
Sukar
Sukar
Sukar
Sukar
Sukar
Sukar
Mudah
Sukar
Sedang
Sedang
Mudah
Sukar
Sukar
Mudah
Sedang
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar