Kisi Kisi Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas X Semester Ganjil



KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kisi Kisi Soal UAS Bahasa Indonesia  Kelas X Semester Ganjil
Kisi Kisi Soal UAS Bahasa Indonesia  Kelas X Semester Ganjil

Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia                                                                                                                                                             
BentukPenilaian  : Tertulis
Kelas/Program      : X/ MIA/IIS/IIK                                                                                                                                                                  
JumlahSoal           : 50 Butir
Nama Guru            :                                                                                                                                                                                                                              
BentukSoal           : PilihanGanda

No
KompetensiDasar
Materi
Indikator/Soal
NomorSoal
BobotSoal
Ranah
Tingkat
Kesukaran

























3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
4.1          Menginterpretasiisitekslaporanhasilobservasiberdasarkaninterpretasibaiksecaralisanmaupuntulis.









3.2          Menganalisisisidanaspekkebahasaandari minimal duatekslaporanhasilobservasi

4.2          Mengonstruksitekslaporanhasilobservasidenganmemerhatikanisidanaspekkebahasaan.











3.3          Menganalisisstruktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, danrekomendasi), kebahasaantekseksposisi yang didengardanataudibaca

4.3          Mengembangkanisi (permasalahan, argumen, pengetahuan, danrekomendasi) tekseksposisisecaralisandan / tulis.







3.4          Menganalisisstrukturdankebahasaantekseksposisi.
4.4          Mengonstruksikantekseksposisidenganmemerhatikanisi (permasalahan, argumen, pengetahuan, danrekomendasi), strukturdankebahasaan.












3.5          Mengevaluasiteksanekdotdariaspekmaknatersirat.
4.5          Mengonstruksimaknatersiratdalamsebuahteksanekdot.











3.6          Menganalisisstrukturdankebahasaanteksanekdot.
4.6 Menciptakankembaliteksanekdotdenganmemerhatikanstruktur, dankebahasaan.










3.7          Mengidentifikasinilai-nilaidanisi yang terkandungdalamceritarakyat (hikayat) baiklisanmaupuntulis.
4.7          Menceritakankembaliisiceritarakyat (hikayat) yang didengardandibaca.





3.8          Membandingkannilai-nilaidankebahasaanceritarakyatdancerpen.

4.8          Mengembangkanceritarakyat (hikayat) kedalambentukcerpendenganmemerhatikanisidannilai-nilai
Isi pokok laporan hasil observasi:
·       pernyataan umum;
·       hal yang dilaporkan;
·       deskripsi bagian;
·       deskripsi manfaat; dan
maksud isi teks (tersirat dan tersurat).










Isi pokok teks laporan hasil observasi:
·       pernyataan umum;
·       deskripsi bagian;
·       deskripsi manfaat; dan
·       kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).











Isi teks eksposisi:
·       pernyataan tesis;
·       argumen;
·       pernyataan ulang; dan
·       kebahasaan.

Komentar terhadap:
Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis







Struktur teks eksposisi:
·       pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
·       argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
·       pernyataan ulang.*

Kebahasaan:
·       kalimat nominal dan
·       kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
·       deduksi dan
·       induksi




Isi teks anekdot:
·       peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
·       peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.








·       Isi anekdot
·       Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
·       Sindiran.
·       Unsur humor.
·       Kata dan Frasa idiomatis


·       Karakeristik hikayat. 
·       Isi hikayat.
·       Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).



·       Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
·       Gaya bahasa.
·       Kata arkais (kuno).























3.1.1           Siswadapatmenentukan isi pokok, hal-hal yang dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
3.1.2           Siswadapatmenentukaninformasi/fakta-fakta yang pentingpadatabel/grafikdalamkaitannyadenganstrukturdankaidahlaporan
4.1.1           Siswadapatmenafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi.
4.1.2           Siswadapatmenujukkanfakta-faktapentingpadatekslaporanhasilobservasi
4.1.3           Siswadapatmempresentasikan dan menanggapi teks laporan hasil observasi


3.2.1           Siswadapatmengidentifikasi isi,struktur, dan ciri kebahasaan.
3.2.2           Siswadapatmenganalisisisi, ciri kebahasaandalam teks laporan hasil observasi.
3.2.3           Siswadapatmempresentasikanpendapatsecaralengkapdanjelas
3.2.4           Siswadapatmemperbaikipenulisan kata yang salahdalamtekslaporanhasilobsevasi
4.2.1           Siswadapatmenyusun kembali teks laporan hasil observasi yang dibaca dengan memerhatikanisi, struktur, danciri kebahasaan.
4.2.2           Siswamempresentasikan, menanggapi,dan merevisiteks laporan hasil observasi yang telah disusun.

3.3.1           Siswadapatmenggalistruktur, isi,(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan dalam teks eksposisi yang didengar danatau dibaca.
3.3.2           Siswadapatmenujukkan ide-ide pokokparagraf
4.3.1           Siswadapatmenyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.
4.3.2           Siswadapatmenujukkancontohtekseksposisidengantepat
4.3.3           SiswaMempresentasikan,me-ngomentari, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.

3.4.1        SiswadapatMenggali strukturdan aspek kebahasaan dalamteks eksposisi yang dibaca.
3.4.2        Siswadapatmenganalisisstrukturdankaidahtekseksposisi
3.4.3        Siswadapatmenuliskanpenilaianterhadapkelebihanataukelemahanterhadaptekseksposisi
4.4.1        SiswadapatMenyusun kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan.
4.4.2        SiswadapatMempresentasikan, menanggapi,dan merevisi  teks eksposisi yang telah disusun.



3.5.1           SiswadapatMenilai isi dan aspek makna tersirat dalam teks anekdot
3.5.2           Siswadapatmenganalisisanekdotdenganbaik
3.5.3           Siswadapatmengevaluasianekdotdenganbaik
3.5.4           Siswadapatmenyebutkankembaliaspek-aspekpenilaianteksanekdot
4.5.1           SiswadapatMenyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
4.5.2           SiswadapatMempresentasikan, mengomentari,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.

3.6.1           SiswadapatMengidentifikasi struktur(bagian-bagian teks) anekdot dan kebahasaan .
3.6.2           Siswamenganalisisstrukturdankaidahanekdot
4.6.1           Siswadapatmenyusun kembali teks anekdot  dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
4.6.2           SiswadapatMempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.



3.7.1           Siswadapat mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam hikayat.
3.7.2           Siswadapatmenyebutkanisikutipanhikayat
4.7.1           Siswadapat menyusunteks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat.
4.7.2           Siswadapat mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi,teks hikayatyang telah disusun

3.8.1           Siswadapat menjelaskan persamaan dan perbedaan isi dannilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
3.8.2           Siswadapatmembandingkanalurdalamhikayatdancerpen
3.8.3           Siswadapatmembandingkansudutpandangdalamhikayatdancerpen
3.8.4           Siswadapatmembandingkangayabahasadalamhikayatdancerpen
3.8.5           Siswadapatmembandingkanamanatdalamhikayatdancerpen
3.8.6           Siswadapatmembandingkanunsurekstrinsikdalamhikayatdancerpen
3.8.7           Siswadapatmengidentifikasinilai-nilai da nisi hikayat
3.8.8           Siswadapatmembandingkanpenggunaanbahasadalamcerpendanhikayat
4.8.1           Siswadapatmenentukantemahikayat
4.8.2           Siswadapat menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.3           Siswa mempresentasikan, menanggapi, dan  merevisiteks cerpen yang disusun.
4.8.4           Siswadapatmenyuntingisidalamtekshikayat yang sudahdibuatdalambentukcerpen
4.8.5           Siswadapatmemperbaikihasilsuntingan
4.8.6           Siswadapatmengembangkanmakna( isi) dannilaihikayat
4.8.7           Siswadapatmenggunakanmajasdalammengembangkanhikayatkedalambentukcerpen
1


2



3




4


5


6

7


8

9


10



11



12




13

14



15

16



17


18

19


20




21





22

23


24

25

26


27



28


29

30


31





32


33

34



35



36


37

38

39

40

41

42

43

44
45


46

47


48

49

50
2


2



2



2


2


2

2


2

2


2



2



2




2

2



2

2



2


2

2


2




2





2

2


2


2


2



2


2

2


2





2


2

2


2



2


2

2

2

2

2

2

2

2
2


2

2


2
2


2
C3


C3



C4



C1


C2


C1

C4


C2

C4


C4



C2



C3




C1

C3



C1

C2



C2


C4

C3


C3




C2





C4

C4

C4

C1

C3


C2



C1


C4

C3


C2





C1


C1

C3


C2



C4


C4

C4

C4

C4

C4

C1

C4

C3
C3


C3

C4


C4
C1


C3
Sedang


Sedang



Sukar



Mudah


Mudah


Mudah

Sukar


Mudah

Sukar


Sukar



Mudah



Sedang




Mudah

Sedang



Mudah

Mudah



Mudah


Sukar

Sedang


Sedang




Mudah





Sukar

Sukar

Sukar

Mudah

Sedang


Mudah



Mudah


Sukar

Sedang


Mudah





Mudah


Mudah

Sedang


Mudah



Sukar


Sukar

Sukar

Sukar

Sukar

Sukar

Mudah

Sukar

Sedang
Sedang


Mudah

Sukar


Sukar
Mudah


Sedang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar