KISI-KISI SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER ( UAS )
GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Kisi Kisi UAS Alquran Hadits Kelas X Semester Ganjil |
Mata
Pelajaran : Qur`an Hadits Bentuk
Penilaian : Tertulis
Kelas
/Program : X MIA / IIS/ IIK
Jumlah
Soal
: 50
Nama
Guru :
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas/
Semester
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
Skor Bobot Soal
|
Ranah
|
Kesukaran
|
1.
|
3.1.
Memahami pengertian Al-Qur`an menurut para ulama
3.2.
Memahami bukti keautentikan Al-Qur`an
3.3.
Memahami tujuan dan fungsi Al-Qur`an
4.3.
Menceritakan kisah orang yang menjadikan Al-Qur`an sesuai dengan tujan dan
fungsinya
3.4.Memahami
pokok-pokok
ajaran Al-
Qur`an
3.4.
Memaparkan
pokok-pokok
ajaran Al-
Qur`an
beserta
contoh dalam
ayat
3.5.
Memahami ayat-ayat Al-Qur`an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah
dan khalifah dibumi pada QS. Al-Mu`minun ayat 12-14;QS. An-Nahl : 78;QS.
Al-Baqarah ayat 30-32; QS. Adz-Dzariat : 56
|
X / Ganjil
X
/ Ganjil
X/
Ganjil
X/Ganjil
X/
Ganjil
X/
Ganjil
|
Pengertian
Al-Qur`an
Nama-nama
Al-Qur`an
Al-Qur`an
merupakan mu`jizat
Kedudukan
Al-Qur`an
Tujuan
dan fungsi al-qur`an
Al-qur`an
sebagai peringatan dan pelajaran bagi
manusia
Isi
pokok Al-Qur`an
QS.
Al-Mu`minun ayat 12-14;
QS.
An-Nahl : 78;
QS.
Al-Baqarah ayat 30-32;
QS. Adz-Dzariat : 56
|
-
Siswa dapat menentukan pengertian Al-Qur`an menurut al-Asy`ari
-
Siswa dapat menentukankan pengertian a l-Qur`an menurut Az-Zujaj
-
Siswa dapat menunjukan definisi Al-Qur`an menurut Subhi Shalih
-
Siswa dapat menunjukan definisi Al-Qur`an menurut Muhamad Abduh
-
Siswa dapat menunjukan arti Al-Qur`an yang berarti menggabungkan
dengan yang lain
-
Siswa dapat menentukan pengertian Al-Qur`an menurut Muhamad
Khudari Beik
-
Siswa dapat menunjukan pengertian Al-Qur`an menurut para ulama
-
Siswa dapat menunjukan
nama yang bukan termasuk nama-nama Al-Qur`an
-
Siswa dapat menentukan arti nama lain Al-Quran dari At- Tanzil
-
Siswa dapat menunjukan nama Al-Qur`an yang berarti
member i peringatan
-
Siswa dapat menentukan
jumlah nama Al-Qur`an menurut As-Suyuti dalam kitab Al-Itqan fi`ulum
Al-qur`an
-
Siswa dapat menunjukan
ciri-ciri yang berpegang teguh
pada Al-Qur`an
-
Siswa dapat menunjukan arti mu`jizat secara etimologi
-
Siswa dapat menunjukan fungsi mu`jizat bagi Nabi dan Rasul
-
Siswa dapat menunjukan tujuan diberikannya mu`jizat kepada para
nabi dan rasul
-
Siswa dapat menentukan maksud mu`jizat maknawi
-
Siswa dapat menunjukan contoh mu`jizat Hissi Nabi Isa as
-
Siswa dapat menunjukan contoh mu`jizat Hissi Nabi Ibrahim as
-
Siswa dapat menentukan bukti bahwa Al-Qur`an sebagai mu`jizat
terbesar
-
Siswa dapat menunjukan aspek kemu`jizatan Al-Quran dari aspek isi
kandungannya
-
Siswa dapat menunjukan arti ayat Al-Qur`an Surat Al-Hijr ayat 9
-
Siswa dapat menunjukan maksud
dari Qur`an Surat Al-Isra [17 : 88]
-
Siswa dapat menentukan perbedaan mu`jizat nabi Muhammad dengan
mu`jizat nabi sebelumnya
-
Siswa dapat menunjukan kedudukan Al-Qur`an
-
Siswa dapat menunjukan fungsi Al-Qur`an berdasarkan Qur`an Surat
Al-baqarah ayat 2
-
Siswa dapat menentukan arti penggalan Qur`an Surat Al-Baqarah
ayat 2
-
Siswa dapat menunjukan penggalan ayat yang termasuk fungsi
Al-Qur`an sebagai pemberi peringatan
-
Siswa dapat menunjukan penggalan ayat yang termasuk fungsi
Al-Qur`an sebagai sumber pokok ajaran
Islam
-
Siswa dapat menentukan arti mujmal
-
Siswa dapat menunjukan tokoh kisah umat masa lalu yang dapat dipetik pelajaran sebagai teladan yang baik
-
Siswa dapat menentukanan
isi pokok ajaran Al-Qur`an
-
Siwa dapat menunjukan bentuk jama dari akidah
-
Siswa dapat menunjukan
pengertian dari Muamalah
-
Siswa dapat mengartikan ibadah secara bahasa
-
Siwa dapat menunjukan dalil tentang ibadah
-
Siswa dapat menunjukan perbedaan dua macam
ibadah yaitu ibadah mahdhah dan
ghair mahdah
-
Siswa dapat menunjukan arti hadits tentang tujuan nabi Muhammad
diutus menjadi rasul
-
Siswa dapat menunjukan ayat yang berisi tentang muamalah
-
Siswa dapat menunjukan pungsi utama kandungan Al-Qur`an yang
berisi kisah-kisah umat terdahulu
-
Siswa dapat menentukan arti potongan ayat dari surat Al-Mujadilah
ayat 11
-
Siswa dapat menunjukan proses kejadian manusia menrut Qur`an
Surat Al-Mu`minun ayat 12-14
-
Siswa dapat menentukan arti ayat 12 dari Surat Al-Mu`minun
-
Siswa dapat menentukan potongan ayat yang berarti tulang berulang
-
Siswa dapat menentukan arti kata mudgah dalam proses kejadian manusia
-
Siswa dapat menunjukan urutan perkembangan pungsi indra pada
seorang bayi menurut Qur`an Surat An-nahl : 78
-
Siswa dapat menunjukan maksud khalifah berdasarkan Qur`an Surat Al-Baqarah [2 : 30-32]
-
Siswa dapat menunjukan kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya berdasarkan Qur`an Surat
Al-Baqarah [2:31-31]
-
Siswa dapat menentukan arti kata yang digarisbawahi dari Qur`an
Surat Al-Baqarah [2:30] yang berarti penumpahan darah
-
Siswa dapat menunjukan tujuan
ibadah berdasarkan Qur`an Surat Az-Dzariat : 56
-
Siswa dapat menunjukan sikap dan perilaku yang dapat diterapkan
sebagai penghayatan dan pengamalan Qur`an Surat Az-Dzariat ayat 56
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
C1
C1
C3
C3
C3
C3
C4
C2
C3
C2
C1
C2
C1
C2
C2
C2
C1
C1
C2
C1
C3
C4
C2
C2
C1
C3
C2
C3
C1
C2
C1
C2
C3
C2
C4
C3
C2
C3
C2
C2
C3
C3
C3
C2
C2
C3
C2
C4
C2
C4
|
Mudah
Mudah
Sukar
Sedang
Sukar
Sedang
Sukar
Mudah
Sedang
Mudah
Mudah
Sedang
Mudah
Sedang
Sedang
Sedang
Mudah
Mudah
Sedang
Mudah
Sukar
Sukar
Sedang
Sedang
Mudah
Sedang
Mudah
Sedang
Mudah
Sedang
Mudah
Sedang
Sedang
Sedang
Sukar
Sukar
Sedang
Sukar
Sedang
Sedang
Sukar
Sukar
Sukar
Sedang
Sedang
Sukar
Sedang
Sedang
Sedang
Sukar
|
IZIN KUTIP YAA
BalasHapussilahkan
Hapus