Mata Pelajaran :
Ekonomi Bentuk
Penilaian : Tertulis
Kelas/Program :
X / IIS Jumlah
Soal : 40 Butir
NO
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Nomor
Soal
|
Bobot
Soal
|
Ranah
|
Tingkat
Kesukaran |
1.
|
3.1
Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
|
Pengertian Ilmu ekonomi Ilmu ekonomi adalah ilmu yang
mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang tidak
terbatas dengan sumber daya yang terbatas atau langka.
|
Siswa dapat menyebutkan definisi
ilmu ekonomi
|
1
|
1
|
C1
|
mudah
|
Prinsip ekonomi adalah dasar berpikir
yang digunakan manusia untuk memaksimumkan suatu tujuan melalui pengorbanan
tertentu, atau untuk mencapai tujuan tertentu dengan pengorbanan sekecil
mungkin.
|
Siswa dapat menunjukkan prinsip
ekonomi
|
2
|
1
|
C2
|
mudah
|
||
Motif
ekonomi antara lain adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup, memperluas usaha,
mendapat penghargaan dari lingkungan sekitar, ingin berkuasa di bidang
ekonomi dan ingin membantu sesama.
|
Siswa dapat menunjukkan motif
ekonomi
|
3
|
1
|
C2
|
mudah
|
||
Berdasarkan
tingkat intensitas atau keharusan pemenuhan kebutuhan, kebutuhan dibedakan
menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.
|
Siswa dapat menentukan kebutuhan
berdasarkan intensitasnya
|
4
|
1
|
C3
|
sedang
|
||
Jenis kebutuhan menurut sifat pemenuhan
kebutuhan Jenis kebutuhan ini digolongkan berdasarkan sasaran alat pemenuhan
kebutuhan yang digunakan. Dalam hal ini, terdapat alat pemenuhan kebutuhan
jasmani dan alat pemenuhan kebutuhan rohani.
|
Siswa dapat menentukan kebutuhan berdasarkan
sifatnya
|
5
|
1
|
C3
|
sedang
|
||
Penyebab Kelangkaan:
1) Keterbatasan benda pemenuhan kebutuhan di alam
2) Kerusakan sumber daya alam akibat manusia
3) Keterbatasan kemampuan manusia
mengolah sumber daya ekonomi yang ada
4) Peningkatan kebutuhan yang
lebih cepat dibandingkan dengan penyediaan sarana pemenuhan kebutuhan
|
Siswa dapat menentukan yang tidak
termasuk penyebab kelangkaan
|
6
|
1
|
C3
|
sukar
|
||
Masalah
ekonomi mikro adalah sebagai berikut:
1) Barang dan jasa apa yang diproduksi
2) Bagaimana memproduksi barang dan jasa
3) Untuk apa barang dan jasa itu diproduksi
|
Siswa dapat menentukan
masalah ekonomi mikro
|
7
|
1
|
C3
|
sukar
|
||
Pengertian
biaya peluang
opportunity cost adalah nilai barang atau jasa yang
dikorbankan karena kita menentukan pilihan kegiatan ekonomi tertentu.
|
Siswa dapat menghitung biaya
peluang opportunity cost
|
8
|
1
|
C2
|
sukar
|
||
Pengertian Ekonomi Syariah menurut salah satu pakar.
Menurut
Prof.Dr.Zainuddin Ali, ekonomi syariah adalah kumpulan norma hokum yang
bersumber dari Alqur’an dan Hadits yang mengatur perekonomian umat manusia.
|
Siswa dapat menyebutkan
definisi ekonomi syariah menurut Prof.Dr. Zainuddin Ali.
|
9
|
1
|
C1
|
sedang
|
||
Salah Satu Prinsif Ekonomi Syariah Al
–Amwal; Berdasarkan konsep ekonomi Syariah, Allah sebagai pemilik
harta yang hakiki, sedangkan manusia bersifat relatif, artinya manusia
hanyalah sebagi penerima titipan (pemegang amanah) yang kelak harus
dipertanggungjawabkanya dihadapan Allah SWT.
|
Siswa dapat menyebutkan Al -Amwal sebagai ssalah satu Prinsif
Ekonomi Syariah
|
10
|
1
|
C1
|
sedang
|
||
3.2
Menganalisis
masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
|
Masalah Pokok Ekonomi menurut
pandangan Ekonomi Klasik adalah : (Produksi,
Distribusi, dan Konsumsi), dan Ekonomi Modern (What: apa. Why: bagaimana,
dan For Whom: untuk siapa) barang diproduksi.
|
Siswa dapat membedakan
perbedaan masalah pokok ekonomi
menurut pandangan ekonomi klasik dan ekonomi modern
|
11
|
1`
|
C2
|
sedang
|
|
Sistem Ekonomi Komando atau
Terpusat (Etatisme Government Planned
Economy) adalah system ekonomi yang pengaturan dan pengendalian seluruh
kegiatan ekonomi diselenggarakan dan diatur oleh pemerintah
|
Siswa dapat menjelaskan Sistem
Ekonomi Komando atau terpusat
(Etatismen Government Planned Economy)
|
12
|
1
|
C2
|
sedang
|
||
Karakteristik Perekonomi Indonesia
adalah system ekonomi demokrasi yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,
diatur dalam UUD 1945 Pasal 33 ayat 1-4
|
Siswa dapat menjelaskan
karakteristik Perekonomian Indonesia berdasakan Pasal 33 ayat 1-4 UUD 1945
|
13
|
1
|
C2
|
sedang
|
||
3.3 Menganalisis peran
pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi
|
Produksi adalah kegiatan
menghasilkan dan menambah nilai duna barang dan jasa
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian produkisi
|
14
|
1
|
C2
|
sedang
|
|
Faktor-faktor Produksi adalah
segala sesuatu yang digunakan dalam proses produksi antara lain: Sumber daya
alam, tenaga kerja atau sumber daya manusia dan modal
|
Siswa dapat menyebutkan salah
satu faktor-faktor produksi
|
15
|
1
|
C1
|
sedang
|
||
Total Revenue : Total Penerimaan yaitu total
penerimaann dari hasil npenjualan ,dan Marginal Revenue: Penerimaan Marginal
adalah penambahan penerimaan atas Total
Revenue sebagai akibat penambahan satu unit outout
|
Siswa dapat membedakan Total
Revenue (TR) : Total Penerimaan dan
Marginal Revenue (MR): Penerimaan Marginal
|
16
|
1
|
C2
|
sukar
|
||
Ciri-ciri rumah tangga keluarga
adalah:
1) Rumah tangga keluarga adalah pemilik
dari semua faktor produksi.
2) Total pendapatan rumah tangga keluarga
berasal dari kompensasi factor produksi yang mereka miliki.
3) Kegiatan utama rumah tangga keluarga
adalah konsumsi. konsumen.
4) Menghabiskan total pendapatan untuk membeli barang dan jasa yang
diproduksi oleh perusahaan.
5) Simpanan itu akan mengalir ke perusahaan
dalam bentuk investasi
|
Siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri rumah tangga keluarga
|
17
|
1
|
C1
|
mudah
|
||
Karakteristik
rumah tangga produsen adalah:
a) Tidak memiliki sumber daya untuk
memproduksi barang dan jasa.
b) Modal berasal dari rumah tangga
keluarga.
c) Menggunakan faktor produksi dan
melakukan kegiatan produksi, serta menjual barang dan jasa kepada rumah
tangga keluarga.
d) Membayar pajak kepada pemerintah.
e) Tidak memiliki simpanan.
|
Siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri rumah tangga produsen
|
18
|
1
|
C1
|
mudah
|
||
Sircular flow diagram dalam dua
sector; perekonomian dua sektor terdiri atas dua pelaku ekonomi yaitu rumah
tangga konsumsi dan rumah tangga produksi; kegiatan ekonomi yang terjadi
merupakan proses yang melingkar dan berputar.
|
Sisw dapat menentukan arus
kegiatan Ekonomi yang merupakan arus faktor produksi dari Rumah Tangga
Keluarga ke Rumah tangga Produksi
|
19
|
1
|
C3
|
sedang
|
||
Konsumsi
ialah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan faedah
suatu benda (barang dan jasa) dalam rangka pemenuhan kebutuhan.
Ciri-ciri
benda konsumsi adalah:
1) Benda ekonomi atau benda yang untuk
memperolehnya diperlukan pengorbanan,
2) Ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup
3) Manfaat, nilai, atau volume benda yang
digunakan akan habis.
|
Siswa dapat menentukan ciri-ciri benda konsumsi
|
20
|
1
|
C3
|
sedang
|
||
Teori perilaku konsumen
Hukum Gossen I
Jika pemenuhan kebutuhan akan suatu
barang dilakukan secara terus menerus, rasa nikmatnya mula-mula akan tinggi.
Namun, makin lama kenikmatan tersebut makin menurun sampai akhirnya mencapai
batas jenuh.
|
Siswa dapat menjelaskan Hukum Gossen I
|
21
|
1
|
C2
|
Sedang
|
||
Mengukur
kepuasan konsumen melalui pendekatan ordinal dengan menggunakan kurva
indiferensi didasarkan pada empat asumsi, yaitu sebagai berikut.
a. Konsumen mempunyai pola preferensi akan
barang-barang konsumsi yang dinyatakan dalam bentuk peta indiferensi (indifference
map).
b. Konsumen mempunyai pendapatan tertentu.
c. Konsumen berusaha mendapat kepuasan
maksimum dari barangbarang yang dikonsumsinya.
d.
Kurva
indiferensi yang semakin jauh dari titik nol (origin) menggambarkan
kepuasan yang semakin tinggi.
17.
|
Siswa
dapat menentukan satu asumsi yang tidak termasuk mengukur kepuasan konsumen melalui
pendekatan ordinal dengan menggunakan kurva indiferensi
|
22
|
1
|
C3
|
sukar
|
||
Imbalan yang diterima rumah tangga
konsumsi bila memberikan faktor produksi : sumber daya alam: tanah = sewa
(rent), tenaga kerja- upah, modal= bunga (interest), skill= laba (profit)
|
Siswa dapat menentukan imbal
balas yang diterima rumah tangga konsumsi apabila menyerahkan factor
produksi modal
|
23
|
1
|
C3
|
sedang
|
||
Rumah
tangga pemerintah memiliki fungsi utama mengendalikan perekonomian untuk
mencapai tujuan ekonomi tertentu.
|
Siswa dapat menentukan fungsi
rumah tangga pemerintah
|
24
|
1
|
C3
|
sedang
|
||
3.4
Mendeskripsikan terbentuknya
keseimbangan pasar dan struktur pasar
|
Menurut
Prof.Dr. Winardi; “Permintaan jika dilihat dari sisi produsen adalah
permintaan terhadap barang atau jasa karena diperlukan sebagai masukan atau
input dalam kegiatan proses produksi, ….’
|
Siswa dapat menentukan definisi permintaan dilihat dari sisi
produsen menurut Prof. Dr. Winardi.
|
25
|
1
|
C3
|
sedang
|
|
Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan:
a. Harga barang itu sendiri
b. Perubahan pendapatan
masyarakat
c. Intensitas kebutuhan
d. Perubahan peradaban
e. Pertambahan penduduk
|
Siswa dapat menunjukkan
factor-faktor yang tidak memengaruhi permintaan
|
26
|
1
|
C1
|
sedang
|
||
Hukum permintaan
Jika harga suatu barang dan jasa
meningkat, kuantitas yang diminta akan menurun. Sebaliknya, apabila harga
suatu barang dan jasa menurun, kuantitas yang diminta akan meningkat, “ceteris
paribus.”
|
Siswa dapat menyebutkan hukum
permintaaan
|
27
|
1
|
C1
|
mudah
|
||
Fungsi
permintaan dan penawaran adalah fungsi bersifat matematis yang menghubungkan
variable harga barang yang diminta (Pd) dan ditawarkan (Ps) dengan jumlah
barang yang diminta (Qd) dan ditawarkan (Qs)
|
Siswa dapat menentukan fungsi
permintaan atau fungsi penawaran
|
28
|
1
|
C3
|
sukar
|
||
Kurva
permintaan adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara harga dan jumlah
permintaan atau pembelian.
|
Siswa dapat menentukan kurva
permintaan
|
29
|
1
|
C3
|
sukar
|
||
Proses
terbentuknya harga dan jumlah (output) keseimbangan adalah proses tarik
menarik antara kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran atas suatu barang
dengan harga dan jumlah tertentu
|
Siswa dapat menentukan harga
keseimbangan
|
30
|
1
|
C3
|
sukar
|
||
Elastisitas
permintaan dan penawaran adalah ukuran tentang perubahan permintaan maupun
penawaran yang dipengaruhi oleh perubahan harga pada waktu tertentu.
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian elastisitas permintaan dan penawaran
|
31
|
1
|
C1
|
sukar
|
||
Permintaan
elastic adalah koefisien elastisitas permintaan lebih besar daripada 1
(E>1)
|
Siswa dapat menghitung
koefisien elastisitas = elastis
|
32
|
1
|
C3
|
sukar
|
||
Pasar
Persaingan sempurna (Perfect Competition Market ) adalah pasar di dalamnya
terdappat banyak penjual, akan tetapi masing-masing penjual tidak bias
memengaruhi harga pasar yang berlaku
|
Siswa dapat menunjukkan bentuk
pasar persaingan sempurna
|
33
|
1
|
C1
|
mudah
|
||
Bentuk-bentuk
pasar persaingan tidak sempurna;
Pasar
Monopoli adalah bentuk pasasr dimana seluruh penawaranya dipegang oleh satu
penjual atau satu produsen.
|
Siswa dapat menunjukkan bentuk
pasar persainga tidak sempurna Pasar Monopoli
|
34
|
1
|
C1
|
mudah
|
||
3.5
Mendeskripsikan bank sentral, sistem
pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia
|
Salah
satu fungsi bank sentral adalah Prudential Supervision yaitu pengawasan Bank
sentral yang diarahkan agar
individual bank dijaga kelangsungan hidupnya sehingga kepentingan masyarakat
dapat dilindungi
|
Siswa dapat menentukan salah
satu fungsi bank sentral yaitu Prudential Supervision
|
35
|
1
|
C3
|
sedang
|
|
Peran
Bank Sentral Republik Indonesia dalam Sistem Pembayaran menurut UU No. 23
tahun 1999 adalah menjaga stabilitas nilai tukar rupiah
|
Siswa dapat menunjukkan UU No. 23 Tahun 1999 tentnang peran Bank
Sentral Indonesia dalam system pembayaran
|
36
|
1
|
C1
|
sedang
|
||
Jenis-jenis
alat pembayaran non tunai:
1) Cek dan Bilyet Giro (BG)
2) Kartu Debit (ATM)
3) Kartu Kredit
4) BI SKN (Bank
Indonesia-Sistem Kliring Nasional)
5) KUPU (Kegiatan Usaha
Pengiriman Uang)
|
Siswa dapat menujukkan
jenis-jenis alat pembayaran non tunai ; KUPU (Kegiatan Usaha Pengiriman
Uang)
|
37
|
1
|
C1
|
sedang
|
||
Unsur
Pengaman Uang Rupiah memiliki ciri-ciri berupa tanda-tanda tertentu
bertujuan mengamankan uang rupiah dari upaya pemalsuan diantarnya adalag
Security Thread (Benang Pengaman.
|
Siswa dapat menentukan
tanda-tanda tertentu bertujuan mengamankan uang rupiah dari pemalsuan yaitu
Security Thread (Benang Pengaman)
|
38
|
1
|
C3
|
mudah
|
||
3.6 Mendeskripsikan lembaga jasa keuangan dalam perekonomian
Indonesia
|
Otoritas
Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan UU
No. 21 Tahun 2011 yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain,
yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan,
pemeriksaan, serta penyidikan terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa
keuangan.
|
Siswa dapat menentukan dasar
hokum Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu UU No 21 Tahun 2011
|
39
|
1
|
C3
|
Sedang
|
|
Salah
satu Produk Pembiayaan (Kredit) pada Bank Syariah adalah Al Bai’u Bitsaman
Ajil yaitu pasilitas pembiayaan (Kredit) berupa barang dengan pembayaran di
cicil sampai batas waktu yang telah ditentukan.
|
Siswa dapat menyebutkan
pengertian Al Bai’u Bitsaman Ajil
|
40
|
1
|
C1
|
mudah
|
catatan : tingkat kesukaran belum menggunakan kaidah penilaian,
hanya sebatas asumsi awal dalam penulisan kisi-kisi soal
mantap ada kisi-kisi Ekonomi :D
BalasHapus