KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
Bobot Soal
|
Ranah
|
Tingkat
Kesukaran |
1.
|
Mendeskripsikan
konsep pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara
mengatasinya
|
Pembangunan
dan Pertumbuhan Ekonomi
|
Disajikan
beberapa pernyataan tentang tujuan pembangunan ekonomi, peserta didik dapat
memilih menentukan tujuan pembangunan ekonomi
|
1
|
1
|
C2
|
Sedang
|
Peserta
didik dapat membedakan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi
|
2
|
1
|
C1
|
Mudah
|
|||
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu indikator keberhasilan pembangunan.
|
3
|
C1
|
Mudah
|
||||
Peserta
didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya ketimpangan pendapatan sebagai
salah satu masalah yang dihadapi negara berkembang.
|
4
|
C4
|
Sedang
|
||||
Disajikan
pernyataan tentang ciri-ciri dari pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.
Peserta didik dapat menunjukkan ciri-ciri dari pertumbuhan ekonomi
|
5
|
C2
|
Sedang
|
||||
Disajikan
sebuah tabel besarnya GNP sebuah negara selama tiga tahun terakhir. Peserta
didik dapat menghitung besarnya laju pertumbuhan ekonomi negara tersebut
pada tahun terakhir.
|
6
|
C3
|
Sukar
|
||||
Menganalisis
permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia
Menyajikan
hasil analisis masalah ketenagakerjaan di Indonesia
|
Ketenagakerjaan
|
Disajikan
sebuah wacana tentang rendahnya kualitas tenaga kerja Indonesia. Dan peserta
didik mampu menunjukkan salah satu upaya pemerintah maupun swasta kepada
calon tenaga kerja sebelum memasuki usia kerja.
|
7
|
C2
|
Sedang
|
||
Peserta
didik dapat membedakan tentang sistem upah
|
8
|
C2
|
Mudah
|
||||
Disajikan
sebuah wacana tentang keadaan seseorang yang tidak bekerja. Peserta didik
mampu menunjukkan konsep pengangguran.
|
9
|
C2
|
Sedang
|
||||
Disajikan
deskripsi tentang sebuah wacana pendek yang menunjukkan tentang seseorang
yang baru lulus SMA dan baru diterima di sebuah perusahaan. Peserta didik
dapat mengidentifikasi wacana tersebut.
|
10
|
C4
|
Mudah
|
||||
Mendeskripsikan
pendapatan nasional
|
Pendapatan
nasional
|
Peserta
didik dapat menunjukkan salah satu manfaat dari pendapatan nasional
|
11
|
C2
|
Mudah
|
||
Menyajikan
hasil perhitungan pendapatan nasional
|
Peserta
didik dapat menunjukkan komponen-komponen pendapatan nasional.
|
12
|
C1
|
Mudah
|
|||
Peserta
didik dapat menghitung pendapatan nasional dengan salah satu metode
penghitungan pendapatan nasional
|
13
|
C4
|
Sedang
|
||||
Disajikan
sebuah tabel tentang besarnya pendapatan nasional dan banyaknya penduduk
pada negara-negara tertentu. Peserta didik dapat menganalisis tabel
tersebut.
|
14
|
C4
|
Sukar
|
||||
Mendeskripsikan
APBN dan APBD dalam pembangunan
|
APBN
dan APBD
|
Peserta
didik dapat menunjukkan salah satu tujuan penyusunan APBN tiap tahun anggara
|
15
|
C2
|
Sedang
|
||
Mengevaluasi
peran APBN dan APBD dalam pembangunan
|
Disajikan
pernyataan tentang fungsi dan tujuan APBN. Peserta didik dapat menunjukka
pernyataan yang berkaitan dengan fungsi APBN.
|
16
|
C2
|
Sukar
|
|||
Disajikan
pernyataan-pernyataan tentang jenis-jenis pengeluaran pemerintah. Peserta
didik menunjukkan tentang pengeluaran-pengeluaran pemerintah pusatr.
|
17
|
C2
|
Sedang
|
||||
Peserta
didik dapat menunjukkan salah satu sumber-sumber penerimaan daerah
|
18
|
C1
|
Mudah
|
||||
Disajikan
sebuah wacana tentang pengeluaran dan penerimaan yang dimiliki oleh suatu
daerah. Peserta didik dapat menyimpulkan tentang dampak kegiatan ekonomi
daerah terhadap perekonomian
|
19
|
C2
|
Sukar
|
||||
Menganalisis
peran, fungsi, dan manfaat pajak
|
Perpajakan
|
Peserta
didik dapat menunjukkan deskripsi dari sebuah fungsi pajak
|
20
|
C2
|
Sedang
|
||
Mengevaluasi
peran, fungsi dan manfaat pajak
|
Disajikan
pernyataan-pernyataan yang menunjukkan tentang perbedaan pajak dengan
pungutan resmi lainnya. Peserta didik dapat menunjukkan salah satunya.
|
21
|
C2
|
Sedang
|
|||
Peserta
didik dapat menunjukkan salah satu asas pajak yang berlaku di Indonesia
|
22
|
C1
|
Mudah
|
||||
Disajikan
tabel penghasilan kena pajak beserta tarifnya. Peserta didik menghitung
besaran pendapatan kena pajak.
|
23
|
C3
|
Sukar
|
||||
Disajikan
soal tentang kepemilikin tanah dan bangunan. Peserta didik menghitung pajak
yang harus dibayar atas pajak bumi dan bangunan.
|
24
|
C3
|
Sukar
|
||||
Peserta
didik menunjukkan fungsi dan manfaat pajak di Indonesia
|
25
|
C2
|
Sedang
|
||||
Menganalisis
indeks harga dan inflasi
|
Indeks
Harga dan Inflasi
|
Peserta
didik menunjukkan definisi tentang inflasi
|
26
|
C1
|
Mudah
|
||
Menyajikan
temuan hasil analisis indeks harga dan inflasi
|
Peserta
didik dapat menunjukkan dan membedakan salah satu penyebab inflasi
|
27
|
C2
|
Sedang
|
|||
Peserta
didik menunjukkan salah satu jenis inflasi
|
28
|
C1
|
Mudah
|
||||
Peserta
didik dapat menghitung tingkat inflasi dari data yang telah disajikan
|
29
|
C3
|
Sukar
|
||||
Peserta
didik dapat menganalisis dampak dari inflasi
|
30
|
C4
|
Mudah
|
||||
Disajikan
pernyataan-pernyataan tentang permintaan dan penawaran uang. Peserta didik
dapat menunjukkan faktor-faktor yang memengaruhi permintaan atau penawaran
uang
|
31
|
C2
|
Mudah
|
||||
Mendeskripsikan
kebijakan moneter dan kebijakan fiskal
|
Kebijakan
Moneter
|
Peserta
didik dapat menunjukkan tujuan dan peran kebijakan moneter
|
32
|
C2
|
Sedang
|
||
Mengevaluasi
peran dan fungsi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal
|
Peserta
didik dapat menunjukkan penjelasan dari salah satu instrumen kebijakan
moneter
|
33
|
C2
|
Sukar
|
|||
Kebijakan
Fiskal
|
Peserta
didik dapat menunjukkan peran kebijakan fiskal dalam perekonomian
|
34
|
C2
|
Sedang
|
|||
Peserta
didik dapat membedakan instrumen dari kebijakan moneter dan fiskal
|
35
|
C2
|
Sedang
|
||||
Peserta
didik dapat mengidentifikasi fungsi dari kebijakan fiskal
|
36
|
||||||
Menganalisis
peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
|
Pelaku
ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
|
Peserta
didik dapat menunjukkan perbedaan bentuk-bentuk BUMN
|
37
|
C2
|
Mudah
|
||
Disajikan
pernyataan-pernyataan kebaikan/kelebihan dari BUMN dan BUMS, peserta didik
dapat menunjukkan perbedaan dari kelebihan BUMN/BUMS tersebut
|
38
|
C4
|
Sedang
|
||||
Peserta
didik dapat menunjukkan peran BUMS terhadap kehidupan perekonomian nasional
|
39
|
C2
|
Sukar
|
||||
Peserta
didik dapat menunjukkan peran koperasi bagi perekonomian nasional
|
40
|
||||||
Peserta
didik dapat menerapkan salah satu contoh kehidupan berkoperasi
|
41
|
C3
|
Sedang
|
||||
Mendeskripsikan
pasar modal dalam perekonomian
|
Pasar
Modal
|
Disajikan
beberapa manfaat dari pasar modal, peserta didik dapat menunjukkan manfaat
pasar modal bagi pemerintah
|
42
|
C4
|
Sedang
|
||
Menyimulasikan
mekanisme perdagangan saham dan investasi di pasar modal
|
Disajikan
lembaga-lembaga yang terdapat dalam pasar modal, peserta didik dapat
menunjukkan lembaga yang berperan menunjang kegiatan pada pasar modal.
|
43
|
C2
|
Sedang
|
|||
Disajikan
beberapa kegiatan yang dilakukan dalam pasar modal, peserta didik
mengidentifikasi manfaat dari pasar modal.
|
44
|
C4
|
Sedang
|
||||
Peserta
didik dapat mengidentifikasi salah satu instrumen dari pasar modal
|
45
|
C2
|
Sukar
|
||||
Disajikan
beberapa urutan secara acak tentang mekanisme transaksi produk bursa efek,
peserta didik dapat mengurutkan mekanisme tersebut
|
46
|
C4
|
Sukar
|
||||
Disajikan
data harga saham pada beberapa perusahaan, peserta didik dapat
mengidentifikasi keuntungan atau kerugian ketika dia membeli atau menjual
produk saham tersebut.
|
47
|
C3
|
Sukar
|
||||
Mendeskripsikan
konsep dan kebijakan perdagangan internasional
|
Kerjasama
internasional
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi manfaat dari perdagangan internasional
|
48
|
C2
|
Mudah
|
||
Mengevaluasi
dampak kebijakan perdagangan internasional
|
Disajikan
tabel Jumlah produksi produk tertentu pada dua negara. Peserta didik dapat
mengidentifikasi teori keunggulan mutlak dari tabel tersebut.
|
49
|
C4
|
Sukar
|
|||
Menganalisis
kerjasama ekonomi internasional
|
Disajikan
pernyataan-pernyataan tentang dampak positif dan negatif dari perdagangan
internasional. Peserta didik dapat mengidentifikasi dampak positif yang
ditimbulkan dari adanya perdagangan internasional
|
50
|
C4
|
Sedang
|
|||
Menyajikan
hasil analisis kerja sama ekonomi internasional
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi tentang keunggulan komparatif dari tabel yang
disajikan
|
C4
|
Sukar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar